RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : MAN LAMONGAN
MATA
PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/SEMESTER :
XI/GANJIL
ALOKASI
WAKTU :
4 X 4 JAMPEL
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1 :
|
Mematuhi
norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan
bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.Memiliki
sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan cara mempromosikan
penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia sebagai sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 2 :
|
Memiliki
sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan cara mempromosikan
penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia sebagai sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang bahasa dan sastra Indonesia serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan pengetahuan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mematuhi norma-norma bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan kaidah bahasa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah percaturan dan peradaban dunia
2.1
Memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia dengan menggunakan
bahasa Indonesia sebagai bahasa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan
kaidah
3.1
Memahami dan membandingkan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental
Bahasa Indonesia
4.1
menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental Bahasa
Indonesia
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1
Siswa
mampu mematuhi norma-norma bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan kaidah bahasa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah percaturan dan peradaban dunia
2.1.1 Siswa
mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang memiliki kemantapan
kedudukan, fungsi, dan kaidah
3.1.1 Siswa
mampu memahami penggunaan unsur segmental bahasa Indonesia
3.1.2 Siswa
mampu memahami penggunaan unsur suprasegmental bahasa Indonesia
3.1.3 Siswa
mampu membandingkan penggunaan unsur segmental dan suprasegmntal bahasa
Indonesia
4.1.1 Siswa mampu menginterpretasikan penggunaan
unsur segmental bahasa Indonesia
4.1.2 Siswa mampu menginterpretasikan penggunaan
unsur suprasegmental bahasa Indonesia
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Pengenalan
unsur segmental dan suprasegmental
·
Pemahaman
unsur segmental dan suprasegmental
·
Perbedaan
atau persamaan unsur segmental dan suprasegmental
·
Interpretasi
penggunaan unsur segmental (fonem yang dapat membedakan makna) dan unsur
suprasegmental (baik yang distingtif/membedakan makna maupun yang
nondistingtif/tidak membedakan makna
E.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
KESATU : (1 x 3JP)
Mengamati :
· Siswa membaca
teks tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
· Siswa mencermati
uraian yang berkaitan dengan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental
Mempertanyakan :
· siswa
bertanyajawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan
mengeksplorasi :
§ siswa mencari
dari berbagai sumber informasi tentang penggunaan unsur segmental dan
suprasegmental dalam bahasa Indonesia
§ ?
2.
PERTEMUAN
KEDUA : (1X 3JP)
mengasosiasikan :
· siswa
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam penggunaan unsur segmental dan
suprasegmental dalam bahasa Indonesia
· siswa
mendiskusikan tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam
bahasa Indonesia
· ?
3.
PERTEMUAN
KETIGA : (1X3JP)
Mengomunikasikan :
· Siswa menuliskan
laporan kerja kelompok tentang penggunaan unsur segmental dan
suprasegmental dalam bahasa Indonesia
· Siswa membacakan
hasil kerja kelompok di depan kelas, siswa lain memberikan tanggapan
· Siswa
menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa
Indonesia
· ?
F.
PENILAIAN,
PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Tugas:
·
Para
siswa diminta berdiskusi untuk memahami
penggunaan unsur segmental dan suprasegmental
·
Secara
individual siswa diminta menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan
suprasegmental bahasa Indonesia
Observasi:
·
Mengamati
kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan
Portofolio:
·
Menilai
laporan siswa tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa
Indonesia
Tes tertulis:
·
Menilai
kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasikan penggunaan
unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
Keterangan tugas: terlampir
REMIDIAL:
BERDASARKAN HASIL UH, SISWA DENGAN KOMPETENSI TERENDAH YANG DIREMIDIAL,
SELANJUTNYA SISWA TERSEBUT DISEDIAKAN SOAL SESUAI MATERI NILAI TERENDAH
PENGAYAAN:
BERDASARKAN HASIL UH, SISWA DENGAN KOMPETENSI TERTINGGI MENJADI TUTOR TEMAN
SEBAYA BAGI SISWA DENGAN KOMPETENSI TERENDAH
G.
MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
·
Buku
referensi lain yang menunjang materi penggunaan unsur segmental dan
suprasegmental bahasa Indonesia
·
Buku
siswa bahasa Indonesia SMA kelas XI (peminatan) kemendikbud
Mengetahui,
Lamongan,
25 Juli 2015
Kepala
MAN Lamongan Guru
Mapel Sasbin
Drs.
Akhmad Najikh, M. Ag Anis
Choirun Niswah, S. Pd
PETA KONSEP
MATERI 3.1 DAN 4.1
Unsur Bahasa
|
Mengenal serta membandingkan unsur segmental dan suprasegmental
|
Unsur segmental
|
Membaca teks
|
Mengidentifikasi unsur Segmental dan
Suprasegmental
|
Menulis Teks yang Mengandung Unsur
segmental dan Suprasegmental
|
Tema
|
Unsur suprasegmental
|
Meringkas teks
|
Judul
|
Peragraf pembuka
|
Paragraf inti
|
Paragraf penutup
|
Komentar
Posting Komentar