Langsung ke konten utama

RPP GANJIL BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS XI PEMINATAN BAHASA (3.1+4.1)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                            : MAN LAMONGAN
MATA PELAJARAN            : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/SEMESTER             : XI/GANJIL
ALOKASI WAKTU              : 4 X 4 JAMPEL

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1 :
Mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.Memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan cara mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia sebagai sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 2 :
Memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan cara mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia sebagai sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan pengetahuan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.       KOMPETENSI DASAR
1.1  Mematuhi norma-norma bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan kaidah bahasa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah percaturan dan peradaban dunia
2.1  Memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan kaidah
3.1  Memahami dan membandingkan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental Bahasa Indonesia   
4.1  menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental Bahasa Indonesia

C.       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1   Siswa mampu mematuhi norma-norma bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan kaidah bahasa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah percaturan dan peradaban dunia
2.1.1 Siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang memiliki kemantapan kedudukan, fungsi, dan kaidah
3.1.1 Siswa mampu memahami penggunaan unsur segmental bahasa Indonesia
3.1.2 Siswa mampu memahami penggunaan unsur suprasegmental bahasa Indonesia
3.1.3 Siswa mampu membandingkan penggunaan unsur segmental dan suprasegmntal bahasa Indonesia
4.1.1  Siswa mampu menginterpretasikan penggunaan unsur segmental bahasa Indonesia
4.1.2  Siswa mampu menginterpretasikan penggunaan unsur suprasegmental bahasa Indonesia

D.      MATERI PEMBELAJARAN
·         Pengenalan unsur segmental dan suprasegmental
·         Pemahaman unsur segmental dan suprasegmental
·         Perbedaan atau persamaan unsur segmental dan suprasegmental
·         Interpretasi penggunaan unsur segmental (fonem yang dapat membedakan makna) dan unsur suprasegmental (baik yang distingtif/membedakan makna maupun yang nondistingtif/tidak membedakan makna

E.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      PERTEMUAN KESATU            : (1 x 3JP)
Mengamati                        :
·      Siswa membaca teks tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
·      Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental

Mempertanyakan  :
·       siswa bertanyajawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan

mengeksplorasi      :
§  siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia
§  ?


2.      PERTEMUAN KEDUA  : (1X 3JP)

mengasosiasikan   :
·      siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia
·      siswa mendiskusikan tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia
·      ?

3.      PERTEMUAN KETIGA : (1X3JP)
Mengomunikasikan           :
·      Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental  dalam bahasa Indonesia
·      Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas, siswa lain memberikan tanggapan
·      Siswa menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia
·      ?


F.        PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Tugas:
·         Para siswa diminta berdiskusi  untuk memahami penggunaan unsur segmental dan suprasegmental
·         Secara individual siswa diminta menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia

Observasi:
·         Mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan

Portofolio:
·         Menilai laporan siswa tentang penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia

Tes tertulis:
·         Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia

Keterangan tugas: terlampir

REMIDIAL: BERDASARKAN HASIL UH, SISWA DENGAN KOMPETENSI TERENDAH YANG DIREMIDIAL, SELANJUTNYA SISWA TERSEBUT DISEDIAKAN SOAL SESUAI MATERI NILAI TERENDAH

PENGAYAAN: BERDASARKAN HASIL UH, SISWA DENGAN KOMPETENSI TERTINGGI MENJADI TUTOR TEMAN SEBAYA BAGI SISWA DENGAN KOMPETENSI TERENDAH


G.      MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
·         Buku referensi lain yang menunjang materi penggunaan unsur segmental dan suprasegmental  bahasa Indonesia
·         Buku siswa bahasa Indonesia SMA kelas XI (peminatan) kemendikbud



Mengetahui,                                                                            Lamongan, 25 Juli 2015
Kepala MAN Lamongan                                                        Guru Mapel Sasbin



Drs. Akhmad Najikh, M. Ag                                                  Anis Choirun Niswah, S. Pd





PETA KONSEP MATERI 3.1 DAN 4.1


Unsur Bahasa
Mengenal serta membandingkan unsur segmental dan suprasegmental
Unsur segmental
Membaca teks
Mengidentifikasi unsur Segmental dan Suprasegmental
Menulis Teks yang Mengandung Unsur segmental dan Suprasegmental
Tema
Unsur suprasegmental
Meringkas teks
Judul
Peragraf pembuka
Paragraf inti
Paragraf penutup
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Bersama Wardah Inspiring Teacher (WIT)

Belajar bersama Wardah Inspiring Teacher dan Kampus Guru Cikal di tahun 2020 Hmmmm... siapa sih yang tak ingin belajar barengan guru-guru senusantara... semua pasti ingin kan... Kali ini saya mencoba mengikuti seleksi WIT 2020 bersama 5000 guru lainnya... alhamdulillaah masuk seleksi. Selanjutnya ada tahapan seleksi kembali di tahap 1, mengikuti webinar tentang mengasah dan memupuk empati belajar murid, diskusi kelas di WAG bersama 250 guru lainnya dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Sebetulnya motivasi saya ikut karena pertama, ingin menimba ilmu, kedua, menambah jejaring, ketiga, ada banyak hal yang tak terkatakan... kamu mau tahu... kamu pasti tahu jawabannya tanpa harus kuberitahu panjang lebar. Sampailah di tahap 2 seleksi yang sekelas dengan para senior dan guru yang kompetensinya tak diragukan lagi di Komunitas Guru Belajar Nusantara. Minder... jelas itu, hati kecil saya menciut, tetapi saya sudah terlanjur bergerak dan melangkahkan kaki sampai sejauh ini. Mengingat kemba...

Dilema Melanda (Tugas Sekolah vs Beban Tugas)

Tugas Sekolah vs Beban Tugas Pernahkah kita merasakan mengerjakan sesuatu tetapi di luar minat kita... Pernahkah kita mencoba sesuatu di luar hobi kita... Pernahkah kita membuat sesuatu di luar kemampuan kita...   Baiklah, kita semua mungkin pernah mengalami hal tersebut tetapi semua akan terasa ringan jika semua karena kita yang mau atau kita yang inginkan. Bagaimana jika semuanya itu karena surat tugas, nah di sinilah rasa terpaksa dan tertekan, ah lebainya... hehehe Kenapa tertekan dan terpaksa... jawabannya adalah karena itu tak sesuai dengan minat kita. Bayangkan jika itu terjadi pada nak murid kita. Tugas yang berpusat dari guru untuk murid tanpa melihat latar belakang atau profil murid terlebih dahulu. hmmmm betapa menyakitkannya. Oke, selanjutnya saya akan bercerita kronologi kejadiannya. heheheh... Saya kaget waktu dapat surat tugas, karena dipikir pak Wakakur, saya sudah mahir membuat media pembelajaran berupa video. Kenapa dikira saya sudah mahir... karena selama pandemi...

pelatihan blog di perpusda lamongan

sabtu, 11 Juni 2016 di perpusda tepatnya, saya dan teman-teman dari penjuru lamongan sedang berkumpul, ceritanya nih lagi ngeblog bareng-bareng. apa sih blog dan bagaimana membuat serta memanfaatkannya ke dalam kehidupan kita sehari-hari. zaman sekarang kalau tak punya blog jadinya kurang keren lhoo,,, beneran, suer deh. tetapi di satu sisi, ketika kita sudah aktif ngeblog dan merasa menjadi blogger, kita harus bertanggungjawab penuh terhadap titel baru kita "blogger". sebab menjadi blogger berarti harus rajin menjadi pembaca apa saja agar hasil baca yang berupa "tulisan" menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. ngeblog bisa menjadi semacam buku harian buat kita, sebab dengan menulis di blog kita memunyai wadah berbagi cerita yang selanjutnya bisa kita share melalui akun medsos yang kita punya. semisal saya memunyai akun facebook, naahhh apapun yang kita tulis di blog kita, kita bisa membagikan di wall fb kita. dengan demikian, pembaca dan blogger lainn...